Kisi-Kisi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural
- Integritas
- Kerja sama
- Komunikasi
- Orientasi pada hasil
- Pelayaan Publik
- Pengembangan diri dan orang lain.
- Mengelola perubahan
- Pengambilan Keputusan
- Integritas
Kompetensi Integritas adalah konsisten berperilaku selaras dengan nilai, norma, dan / atau etika organisasi, dan jujur dalam hubungan dengan manajemen, rekan kerja, bawahan langsung dan pemangku kepentingan, menciptakan budaya etika tinggi, bertanggungjawab atas tidakan atau keputusan beserta resiko yang meyertainya.
2. Kerjasama
Kompetensi Kerjasama merupakan kemampuan menjalin, membina, mempertahankan hubungan kerja yang efektif, memiliki komitmen saling membantu dalam penyelesaian tugas, dan megoptimalkan segala sumberdaya untuk mencapai tujuan strategis organisasi
3. Komunikasi
Kompetensi Komunikasi merupakan kemampuan menerangkan pandangan dan gagasan secara jelas, sistematis disertai argumentasi yang logis dengan cara-cara yang sesuai baik secara lisan maupun tertulis; memastikan pemahaman;mendengarkan secara aktif dan efektif; mempersuasi, meyakinkan dan membujuk orang lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi
4. Orientasi Pada Hasil
Kompetensi Orientasi pada hasil adalah kemampuan mempertahankan komitmen pribadi yang tinggi untuk menyelesaikan tugas,dapat diandalkan dan bertanggung jawab, mampu secara sistematis mengidentifikasi resiko dan peluang dengan memperhatikan keterhubungan antara perencanaan dan hasil, untuk keberhasilan organisasi.
5. Pelayanan Publik
Kompetensi Pelayana publik merupakan kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kegiatan pemenuhan kebutuhan pelayanan publik secara profesional. transparan, mengikuti standar pelayanan publik secara profesional, transparan, megikuti standar pelayana publik yang objektif, netral, tidak memihak, tidak terpengaruh kepentingan pribadi/kelompok/golongan/partai politik.
6. Pengembangan Diri dan Orang Lain
Kompetensi Pengembangan diri dan orang lain adalah kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menyempurnakan keterampilan diri, menginspirasi orang lain untuk mengembangkan dan meyempurnakan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan dan pengembangan karier jangka panjang, mendorong kemauan belajar sepanjang hidup, bimningan untuk membantu orang lain untuk mengembangkan potensi dirinya.
7. Mengelola Prubahan
Kompetensi Mengelola perubahan merupakan kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan situasi yang baru atau berubah dan tidak bergantung secara berlebihan pada metode dan proses lama, mengambil tindakan untuk mendukung dan melaksanakan inisiatif perubahan, mengambil tanggung jawab pribadi untuk memastikan perubahan berhasil diimplementasikan secara efektif.
8. Pengambilan Keputusan
Kompetensi Pengambilan Keputusan adalah kemampuan membuat keputusan yang baik secara tepat waktu dan dengan keyakinan diri setelah mempertibmbangkan prinsip kehati-hatian, diruuskan secara sitematis dan seksamaa berdasarkan berbagai informasi, alternatif pemecahan masalah dan konsekuensinya serta bertanggung jawab atas keputusan yang diambil.
Dokumen lengkap kompetensi manajerial lampiran Permen PAN RB no 38 Th 2017
B. KOMPTENSI SOSIO KULTURAL
Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa
Kompetensi Perekat Bangsa merupakan kemampuan dalam memromosikan sikap toleransi, keterbukaan, peka terhadap perbedaan individu/kelompok masyarakat; mampu menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam mempersatukan masyarakat dan membangun hubungan sosial psikologis dengan masyarakat ditengah kemajemukan Indonesia sehingga menciptakan kelekatan yang kuat antara ASN dan para pemangku kepentingan serta diantara para pemangku kepentingn itu sendiri;menjaga mengembangkan dan mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Dokumen lengkap kompetensi sosio kultural lampiran Permen PAN RB no 38 Th 2017
Lampiran II. Kompetensi Manajerial
Lampiran III. Kompetensi Sosial Kultural
Permen PAN & RB NO 38 Tahun 2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar